Berbicara Efektif

Kata-kata yang keluar dari seseorang sangatlah mudah untuk dilakukan. Setiap manusia mampu mengeluarkan kata-kata (berbicara) dengan mudah (kecuali tunawicara), tetapi berbicara efektif kepada seseorang sangat sulit untuk dilakukan, apalagi berbicara di depan umum. Berbicara di depan umum suara yang dikeluarkan membutuhkan teknik-tekniknya supaya tidak salah ketika mengungkapkan kata-kata serta tidak monoton dan membosankan.

Seseorang yang berbicara tidak dipengaruhi oleh suara, tetapi dipengaruhi oleh kemampuan untuk mengeluarkan suara. Walaupun memiliki suara yang begitu bagus, terkadang ia tak bisa untuk berbicara efektif. Tetapi terkadang ada seseorang yang tidak memiliki suara bagus, dapat melakukan pembicaraan yang efektif dengan orang lain ataupun kelompok orang.

Secara sederhana berbicara dapat diartikan sebagai kata-kata yang keluar dan diucapkan melalui suara. Sedangkan istilah kata dalam bahasa indonesia diambil dari bahasa sansakerta yaitu ”katha” yang artinya “bahasa”, “cerita” atau “dongeng”. Dalam bahasa Indonesia terjadi penyempitan arti semantis menjadi “kata”. Menurut siswanto sutojo menyatakan bahwa: ”Kata adalah alat utama untuk berbicara secara efektif”.

Menurut Bunga Ayesha menyatakan bahwa:  ”Berbicara dikategorikan sebagai keterampilan berbahasa lisan”.

Sedangkan dalam kamus besar Bahasa Indonesia tertulis bahwa berbicara adalah : ”berkata, bercakap, berhasa atau melahirkan pendapat (dengan perkataan, tulisan dan sebagainya) atau berunding”.

Tarigan berpendapat bahwa : ”Berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atas kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan, serta menyampaikan pikiran, gagasan dan perasaan”.

Hal ini senada dengan pendapatnya Mulgrave yang menyatakan bahwa: ”Berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi bahasa atau kata-kata untuk mengekspresikan pikiran”.

Jadi pada prinsipnya berbicara dapat dikatakan efektif apabila suara yang dikeluarkan dapat didengar dengan jelas (artikulasi kata jelas) dan cara menyampaikannya pun tidak terlalu cepat serta tidak monoton yang nantinya akan membuat kebosanan dalam mendengarkannya.

Satu Tanggapan to “Berbicara Efektif”

  1. raspberry ketones Agustus 1, 2013 pada 5:33 am #

    After looking over a number of the blog articles on your
    web site, I truly appreciate your technique of blogging.
    I book marked it to my bookmark website list and will be checking back in the near future.

    Take a look at my website too and tell me how you feel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: